RANGKUMAN TEMA 7 SUBTEMA 1 PB 1-6

 

RANGKUMAN MATERI KLS.2 TEMA 7  (KEBERSAMAAN) SUBTEMA 1

PEMBALAJARAN 1 - 6

Pembelajaran 1 (BI, MAT, SBdP)

 

Pembelajaran 1 : BI

Kebersamaan di Rumah Siti


Dongeng “Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan”

Kesimpulan cerita diatas

Tikus yang siap dimakan oleh ular, memutar otaknya supaya tidak dimakan oleh tikus dengan kecerdikannya tikus berkata kepada ular “ Ular sahabatku, jika kau memakanku maka kau akan sendirian,kamu tidak punya teman yang kau ajak mencari makan dan akhirnya kau akan mati”.Ular merenungkan nasehat tikus.Ular minta maaf kepada tikus dan tikus memaafkannya.Mereka tersenyum bahagia kemudian mencari makan bersama – sama.

Dongeng adalah cerita fiktif (khayalan) dan imajinatif seperti binatang dan tumbuhan yang bisa berbicara seperti manusia.

Dongeng fabel adalah sebuah karangan yang menceritakan kehidupan binatang yang menyerupai perilaku manusia.

Pembelajaran 1 : MAT

 



Jawab:

1.       Karena dua bagian donat dipotong sama besar.

2.       Karena dua bagian donat dipotong tidak sama besar.

 

Pembelajaran 1 : SBdP

Bunyi Kuat dan Bunyi Lemah



Pembelajaran 2 (BI, PPKn)

 

Pembelajaran 2 : BI

 

 




Didalam dongeng fabel. Kebersamaan mencari makan, hidup bersama tidak sendirian, bisa bercanda atau bercakap - cakap, bisa saling menolong dan lain – lain.

Pembelajaran 2 : PPKn

Kebersamaan dalam keberagaman

Mengelompokkan dengan berdasarkan dengan nomor urut, berdasarkan pakai kaca mata dan tidak pakai kaca mata, berdasarkan rambut keriting dan rambut lurus dan lain -lain.

Didalam perbedaan ini sikap kita harus rukan, tidak mengejek satu dengan yang lain, tidak ada pertengkaran, tidak boleh pilih – pilih teman. Sehingga terciptalah kedamaian.

Pembelajaran 3 (BI, MAT, PPKn)

 

Pembelajaran 3 : BI

Bentuk kebersamaan saat silaturahmi keluarga


Ceritakan kembali dongeng “Ular dan Tikus”!

Pembelajaran 3 : MAT

Pecahan satu per tiga karena dipotong menjadi tiga sama besar.

 


Pembelajaran 3 : PPKn

Sikapmu terhadap teman yang memiliki warna kesukaan yang berbeda adalah tidak mengejek atau mengoloh – ngolok teman supaya tidak terjadi pertengkaran. Menghargai orang lain dengan bersikap yang baik, tidak pilih – pilih teman, siapa saja diajak berteman. Jika punya kue bisa dibagikan sama rata atau sama besarnya, Saling menyangi, saling menolong akan tercipta hidup yang rukun dan damai. Jadi kebersamaan ini akan selalu terjalin dengan baik dan rukun.

Pembelajaran 4 (BI, PPKn, MAT)

Pembelajaran 4 : BI


Dalam kebersamaan yang dilakukan Siti adalah melaksanakan solat magrib, belajar mengaji,belajar pelajaran yang lain. Siti didampingi ibu saat mengerjakan tugas sekolah. Disaat bermain siti bisa bercerita tentang dongeng fabel tentang tikus dan ular judul ceritanya adalah”Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan”

Pembelajaran 4 : PPKn

Kebersamaan menjalankan keagamaan


NO

NAMA

AGAMA

TEMPAT IBADAH

1

Siti

Islam

Masjit

2

Edo

Katholik

Gereja

3

Beni

Kresten

Gereja

4

Dayu

Hindu

Pura

5

Lina

Buda

Wihara

6

Lani

Konghucu

Klenteng

 

Pembelajaran 4 : MAT

Setelah mengaji dan belajar, Siti dan keluarga menikmati kue.Ibu menyiapkan kue martabak.Ibu memotong setiap kue menjadi empat bagian yang sama besar atau satu per empat bagian.

Kue dibawah ini dipotong menjadi empat tetapi tidak sama besar.




Pembelajaran 5 (BI, PPKn)

Pembelajaran 5 : BI



Dongeng fabel yang berjudul “Bebek Selalu Hidup Rukun” Dalam dongeng tersebut tokohnya adalah bebek dan hewan pemangsa namanya Cerpelai.Dengan kejahatannya cerpelai menghasut bebek – bebek, namun bebek – bebek itu tidak percaya dengan cerpelai, sehingga bebek itu tetap hidup rukun.Cerpelai menjadi malu dengan perbuatannya sehingga pergi dari bebek- bebek itu.Sikap cerpelai yang suka menghasut itu adalah perbuatan yang tidak terpuji.

Pembelajaran 5 : PPKn

Sikap kamu terhadap teman yang memiliki kegiatan yang digemari berbeda adalah yang pasti tidak mengejek, tetap mengajak berteman, tidak pilih – pilih teman, saling menolong, saling memberi jika punya kue, saling menghormati, saling menyayangi dan lain – lain.Sehingga dalam kebersamaan terciptalah kerukunan dan kedamaian.

Pembelajaran 6 (BI, SBdP, MAT)

Pembelajaran 6 : BI



Dalam dongeng fabel berjudul “ Sang Kancil dan Cicak Badung”tokoh – tokohnya antara lain kancil, semut dan cicak.Perbuatan cicak yang suka mencuri akan dibalas oleh semut, karena kebaikan kancil, cabe merah untuk menjebak cicak diganti dengan apel sehingga saat cicak memakannya tidak masalah.Dengan kata – katanya sikancil yang akan membawa buah strobery satu keranjang  agar cicak tidak mencuri lagi, cicak mendengar itu meneteskan air matanya bahwa perbuatannya selama ini perbuatan yang hina.Suka mencuri seperti cicak tidak perlu kita contoh karena perbuatan yang tidak terpuji. Cicak menyesal dan tidak mengulangi perbuatan yang tidak baik itu.

Pembelajaran 6 : SBdP


Pembelajaran 6 : MAT

Dibawah ini adalah gambar buah apel berjumlah 12, setengah (satu per dua)dari 12 adalah 12 : 2 = 6


Hasil dibagi 2 sama banyak  jumlahnya : 6 + 6 = 12 jadi setengah dari 12 adalah 6


Dibawah ini adalah gambar buah apel berjumlah 12, satu per tiga bagian dari 12 adalah 12 : 3 = 4

Hasil dibagi 3 sama banyak  jumlahnya : 4 + 4 + 4 = 12 jadi sepertiga dari 12 adalah 4


Dibawah ini adalah gambar buah apel berjumlah 12, satu per empat bagian dari 12 adalah 12 : 4 = 3

Hasil dibagi 4 sama banyak  jumlahnya : 3 + 3 + 3 + 3 = 12 jadi seper empat dari 12 adalah 3



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN MATERI TEMA 3 SUBTEMA 1 PB 1-2

Nulis Teks Laporan Prasaja

MATERI JOB AND OCCUPATION (PEKERJAAN DAN PROFESI)