RANGKUMAN TEMA 7 SUBTEMA 1 PB 1-6
RANGKUMAN MATERI KLS.2
TEMA 7 (KEBERSAMAAN) SUBTEMA 1
PEMBALAJARAN 1 - 6
Pembelajaran 1 (BI, MAT, SBdP)
Pembelajaran
1 : BI
Kebersamaan
di Rumah Siti
Dongeng “Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan”
Kesimpulan
cerita diatas
Tikus yang siap
dimakan oleh ular, memutar otaknya supaya tidak dimakan oleh tikus dengan
kecerdikannya tikus berkata kepada ular “ Ular sahabatku, jika kau memakanku
maka kau akan sendirian,kamu tidak punya teman yang kau ajak mencari makan dan
akhirnya kau akan mati”.Ular merenungkan nasehat tikus.Ular minta maaf kepada
tikus dan tikus memaafkannya.Mereka tersenyum bahagia kemudian mencari makan
bersama – sama.
Dongeng adalah
cerita fiktif (khayalan) dan imajinatif seperti binatang dan tumbuhan yang bisa
berbicara seperti manusia.
Dongeng fabel
adalah sebuah karangan yang menceritakan kehidupan binatang yang menyerupai
perilaku manusia.
Pembelajaran
1 : MAT
Jawab:
1.
Karena
dua bagian donat dipotong sama besar.
2.
Karena
dua bagian donat dipotong tidak sama besar.
Pembelajaran
1 : SBdP
Bunyi Kuat dan Bunyi Lemah
Pembelajaran 2 (BI, PPKn)
Pembelajaran
2 : BI
Didalam dongeng
fabel. Kebersamaan mencari makan, hidup bersama tidak sendirian, bisa bercanda
atau bercakap - cakap, bisa saling menolong dan lain – lain.
Pembelajaran
2 : PPKn
Kebersamaan dalam
keberagaman
Mengelompokkan
dengan berdasarkan dengan nomor urut, berdasarkan pakai kaca mata dan tidak
pakai kaca mata, berdasarkan rambut keriting dan rambut lurus dan lain -lain.
Didalam perbedaan
ini sikap kita harus rukan, tidak mengejek satu dengan yang lain, tidak ada
pertengkaran, tidak boleh pilih – pilih teman. Sehingga terciptalah kedamaian.
Pembelajaran 3 (BI, MAT, PPKn)
Pembelajaran
3 : BI
Bentuk kebersamaan
saat silaturahmi keluarga
Ceritakan kembali
dongeng “Ular dan Tikus”!
Pembelajaran
3 : MAT
Pecahan satu per
tiga karena dipotong menjadi tiga sama besar.
Pembelajaran
3 : PPKn
Sikapmu terhadap teman yang memiliki warna kesukaan yang berbeda adalah tidak mengejek atau mengoloh – ngolok teman supaya tidak terjadi pertengkaran. Menghargai orang lain dengan bersikap yang baik, tidak pilih – pilih teman, siapa saja diajak berteman. Jika punya kue bisa dibagikan sama rata atau sama besarnya, Saling menyangi, saling menolong akan tercipta hidup yang rukun dan damai. Jadi kebersamaan ini akan selalu terjalin dengan baik dan rukun.
Pembelajaran 4 (BI, PPKn, MAT)
Pembelajaran
4 : BI
Dalam kebersamaan yang dilakukan Siti adalah melaksanakan solat magrib, belajar mengaji,belajar pelajaran yang lain. Siti didampingi ibu saat mengerjakan tugas sekolah. Disaat bermain siti bisa bercerita tentang dongeng fabel tentang tikus dan ular judul ceritanya adalah”Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan”
Pembelajaran
4 : PPKn
Kebersamaan
menjalankan keagamaan
NO |
NAMA |
AGAMA |
TEMPAT
IBADAH |
1 |
Siti |
Islam |
Masjit |
2 |
Edo |
Katholik |
Gereja |
3 |
Beni |
Kresten |
Gereja |
4 |
Dayu |
Hindu |
Pura |
5 |
Lina |
Buda |
Wihara |
6 |
Lani |
Konghucu |
Klenteng |
Pembelajaran
4 : MAT
Setelah mengaji
dan belajar, Siti dan keluarga menikmati kue.Ibu menyiapkan kue martabak.Ibu
memotong setiap kue menjadi empat bagian yang sama besar atau satu per empat
bagian.
Kue dibawah ini dipotong menjadi empat tetapi tidak sama besar.
Pembelajaran 5 (BI, PPKn)
Pembelajaran
5 : BI
Dongeng fabel yang berjudul “Bebek Selalu Hidup Rukun” Dalam dongeng tersebut tokohnya adalah bebek dan hewan pemangsa namanya Cerpelai.Dengan kejahatannya cerpelai menghasut bebek – bebek, namun bebek – bebek itu tidak percaya dengan cerpelai, sehingga bebek itu tetap hidup rukun.Cerpelai menjadi malu dengan perbuatannya sehingga pergi dari bebek- bebek itu.Sikap cerpelai yang suka menghasut itu adalah perbuatan yang tidak terpuji.
Pembelajaran
5 : PPKn
Sikap kamu terhadap teman yang memiliki kegiatan yang digemari berbeda adalah yang pasti tidak mengejek, tetap mengajak berteman, tidak pilih – pilih teman, saling menolong, saling memberi jika punya kue, saling menghormati, saling menyayangi dan lain – lain.Sehingga dalam kebersamaan terciptalah kerukunan dan kedamaian.
Pembelajaran 6 (BI, SBdP, MAT)
Pembelajaran
6 : BI
Dalam dongeng
fabel berjudul “ Sang Kancil dan Cicak Badung”tokoh – tokohnya antara lain
kancil, semut dan cicak.Perbuatan cicak yang suka mencuri akan dibalas oleh
semut, karena kebaikan kancil, cabe merah untuk menjebak cicak diganti dengan
apel sehingga saat cicak memakannya tidak masalah.Dengan kata – katanya
sikancil yang akan membawa buah strobery satu keranjang agar cicak tidak mencuri lagi, cicak mendengar
itu meneteskan air matanya bahwa perbuatannya selama ini perbuatan yang hina.Suka
mencuri seperti cicak tidak perlu kita contoh karena perbuatan yang tidak
terpuji. Cicak menyesal dan tidak mengulangi perbuatan yang tidak baik itu.
Pembelajaran
6 : SBdP
Pembelajaran
6 : MAT
Dibawah ini adalah
gambar buah apel berjumlah 12, setengah (satu per dua)dari 12 adalah 12 : 2 = 6
Hasil dibagi 2 sama banyak jumlahnya : 6 + 6 = 12 jadi setengah dari 12 adalah 6
Dibawah ini adalah
gambar buah apel berjumlah 12, satu per tiga bagian dari 12 adalah 12 : 3 = 4
Hasil dibagi 3
sama banyak jumlahnya : 4 + 4 + 4 = 12
jadi sepertiga dari 12 adalah 4
Dibawah ini adalah
gambar buah apel berjumlah 12, satu per empat bagian dari 12 adalah 12 : 4 = 3
Hasil dibagi 4 sama banyak jumlahnya : 3 + 3 + 3 + 3 = 12 jadi seper empat
dari 12 adalah 3
Komentar
Posting Komentar