RANGKUMAN TEMA 2 SUBTEMA 3 PB 5 & 6
RANGKUMAN
MATERI
TEMA
2 SUBTEMA 3 PB 5 & 6
A. Aturan
dan Tata Tertib di Sekolah
a. Aturan
di sekolah
·
Aturan adalah segala sesuatu yang sudah di atur
·
Aturan juga berarti perintah yang harus dipatuhi.
·
Aturan di sekolah harus dipatuhi oleh semua warga di
sekolah.
·
Contoh aturan di sekolah ada;ah dating tepat waktu,
memakai seragam, dan menjaga kebersihan sekolah.
b. Tata
Tertib
·
Tata tertib adalah peraturan yang harus di taati dan
dilaksanakan.
·
Tata tertib membuat kita disiplin.
·
Sekolah memiliki tata tertib.
·
Contoh tata tertib di sekolah :
1. Siswa
wajib datang sebelum bel masuk berbunyi.
2. Siswa
memakai pakaian yang rapi dan sesuai jadwal.
3. Siswa
mengikuti upacara dengan atribut lengkap.
4. Siswa
dilarang keluar sekolah tanpa izin guru.
5. Siswa
perempuan tidak boleh memakai perhiasan berlebihan.
·
Kelas juga memiliki tata tertib.
·
Contoh tata tertib di kelas :
1. Siswa
mengucapkan salam saat masuk dan keluar kelas.
2. Berdoa
saat sebelum dan sesudah belajar.
3. Siswa
membawa peralatan tulis dan buku.
4. Siswa
meminta izin saat ingin keluar kelas.
5. Siswa
harus menjaga kebersihan.
6. Siswa
wajib melaksanakan piket kelas
·
Hal yang tidak boleh dilakukan misalnya:
1. Merusak
buku perpustakaan
2. Terlambat
datang ke sekolah
3. Membuang
sampah sembarangan
c. Manfaat
melaksanakan tata tertib
1.
Melatih hidup tertib
2.
Lingkungan menjadi bersih
3.
Melatih kejujuran
4.
Kegiatan belajar menjadi efektif.
5.
Menghilangkan kecemburuan social.
d. Akibat
tidak mematuhi tata tertib
· Siswa
mendapat hukuman
· Hidup
menjadi tidak tertib
· Lingkungan
menjadi kotor
· Merugikan
diri sendiri dan orang lain
· Tidak
disenangi teman
B. Mencari
Informasi melalui Teks atau Pengamatan Gambar
Kita dapat
menggali informasi dengan membuat pertanyaan.
Kata tanya
yang digunakan untuk membuat pertanyaan yaitu :
Kata
Tanya |
Informasi yang Ditanyakan |
Apa |
Benda, keadaan, atau perbuatan |
Di mana |
Tempat berlangsugnya suatu peristiwa |
Kapan |
Waktu kejadian terjadinya sebuah peristiwa |
Siapa |
Orang atau pelaku |
Mengapa |
Sebab atau alasan sebuah peristiwa |
Bagaimana |
Keadaan, cara, proses, peristiwa terjadi |
Berapa |
Banyak, jumlah atau satuan |
C. Operasi
Hitung Pembagian
1. Pembagian
merupakan pengurangan berulang sampai nol.
Contoh :
15 : 5 = 15 –
5 – 5 – 5 = 0
2. Membagi
suatu bilangan dengan 1, hasilnya adalah bilangan itu sendiri.
Contoh :
6 : 1 = 6 –
1 – 1 – 1 – 1 – 1 – 1 = 0
Ada
6 kali pengurangan
Jadi, 6 : 1 = 6
3. Membagi
suatu bilangan dengan bilangan itu sendiri, hasilnya adalah 1.
Contoh :
7 : 7 = 7 –
7 = 0
Ada
1 kali pengurangan
Jadi, 7 : 7
= 1
4. Hasil
pembagian dapat diketahui dengan mengingat hasil perkalian atau melihat tabel perkalian.
X |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
1 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
2 |
2 |
4 |
6 |
8 |
10 |
12 |
14 |
16 |
18 |
20 |
3 |
3 |
6 |
9 |
12 |
15 |
18 |
21 |
24 |
27 |
30 |
4 |
4 |
8 |
12 |
16 |
20 |
24 |
28 |
32 |
36 |
40 |
5 |
5 |
10 |
15 |
20 |
25 |
30 |
35 |
40 |
45 |
50 |
6 |
6 |
12 |
18 |
24 |
30 |
36 |
42 |
48 |
54 |
60 |
7 |
7 |
14 |
21 |
28 |
35 |
42 |
49 |
56 |
63 |
70 |
8 |
8 |
16 |
24 |
32 |
40 |
48 |
56 |
64 |
72 |
80 |
9 |
9 |
18 |
27 |
36 |
45 |
54 |
63 |
72 |
81 |
90 |
10 |
10 |
20 |
30 |
40 |
50 |
60 |
70 |
80 |
90 |
100 |
Komentar
Posting Komentar