RANGKUMAN TEMA 3 SUBTEMA 4 PB 3-4

 

RANGKUMAN MATERI KLS.2 TEMA 3 Tugasku Sehari - hari

SUBTEMA 4 PEMBALAJARAN 3 DAN 4

Pembelajaran 3 (Bi, PKn,Mat,)

BI

 

Gagak Sang Pembohong

Oleh : Marfiah Astuti

Aku adalah burung gagak. Makananku daging bangkai hewan lain, bulu dan paruhku berwarna hitam. Walaupun aku makan daging tapi aku juga suka menyantap telur burung lain. Di pagi yang cerah, empat burung pipit sedang bercanda penuh keakraban. Beberapa saat kemudian, pandangan mereka tertuju ke arah dahan yang lebih tinggi.Di atasnya, seekor burung bertengger memandangi mereka. Hai … burung kecil yang lucu. Aku adalah burung yang sedang tersesat. Aku meninggalkan wilayahku karena di sana banyak pemburu yang mengincar kami. Bolehkah untuk beberapa hari ini aku tinggal bersama kalian? Burung pipit senang. Tampaknya mereka sangat percaya kepada Gagak yang siap membantu. “Kami sedih sekali, setiap kali kami pergi mencari makan, telur-telur kami selalu dicuri oleh ular,” ungkap pipit. “Baiklah, serahkan saja urusanmu padaku. Saking lahapnya, tidak memedulikan sekitarnya. Tanpa disadari, seekor cecak mengawasi perbuatannya.Hari mulai sore, saatnya burung-burung pipit beristirahat dan kembali ke sarang. Pipit sungguh terkejut dengan apa yang dilihatnya.Telur-telurnya pecah berserakan. “Siapakah pelakunya? Ular tak pernah meninggalkan cangkang seperti ini.“Hai … burung pipit, aku sangat kasihan melihatmu. Aku tahu pelakunya adalah Gagak yang licik. Aku melihatnya sendiri,” kata cecak.Keesokan harinya, gagak menghampiri mereka.  “Maafkan aku burung-burung kecil yang lucu. Saat aku menjaga telurmu ada burung elang mau mendatangi telurmu, lalu aku mengusirnya. Aku sangat kaget, ketika aku kembali, telur-telurmu sudah pecah. Keempat burung pipit pergi agak jauh dari sarangnya. Mereka bermusyawah di dekat rumah penduduk. “Kita harus memberi pelajaran kepada Gagak. Agar dia tahu kesalahannya”.Oke kita bagi tugas, ada yang menyiapkan tempat, dan ada yang mematuk dahan pohon nangka agar getahnya keluar. Ayo, kumpulkan getah sebanyak-banyaknya, lalu kita taruh di sekeliling sarang”. Mereka bergotong royong.Keesokan harinya, gagak melaksanakan tugasnya menjaga telur. Di balik semak-semak, burung-burung pipit memperhatikan dengan saksama. “Hei lihat, gagak itu mulai mendatangi telur-telurmu”. Bisik pipit.Belum sampai gagak di telur itu, tiba-tiba kakinya terasa lengket dan tidak bisa bergerak.“Gagak, perbuatanmu sudah terungkap. Kamu tidak perlu mengelak. Cecak juga menjadi saksi atas perbuatanmu yang tidak terpuji itu. “ kata burung pipit.“Maafkan aku burung pipit, selama ini aku telah membohongi kalian. Aku telah memanfaatkan kepercayaan dengan memakan telur-telur kalian” kata burung gagak.“Baiklah kami maafkan, tapi kau harus berjanji untuk tidak mengulangi perbuatanmu lagi.“ Kata burung pipit.

PKn

Siswa laki – laki terdiri dari: Ali, Beni dan Edo

Siswa perempuan : Siti, Dayu dan Leni

Sikap terhadap teman yang berbeda jenis kelamin harus yang rukun sesuai dengan sila ke tiga dari Pancasila

Hari ini, ibu guru memberikan pengumuman.Besok, sekolah Siti akan mengadakan upacara.Upacara tersebut dalam rangka Hari Sumpah Pemuda.Upacara akan dihadiri oleh perangkat desa dan masyarakat. Setelah upacara, akan diadakan bakti sosial.Bakti sosial tujuannya memberi bantuan untuk masyarakat yang kurang mampu.Siti dan teman-teman juga menyiapkan bingkisan.Mereka membelikan buku, penghapus, pensil, dan alat tulis lain.

 

MAT

1.      Siti memiliki uang Rp5.000,. Kira-kira barang apa yang dapat ia beli?

Uang Siti = Rp5.000,00

Alternatif barang yang dibeli Siti:

  Buku = 2.000

  Tipe-x = 2.000

  Pensil = 500

  Penghapus = 500

 .................................... +

  Total = 5.000

Jadi alternatif barang yang dibeli Siti adalah buku, penghapus, pensil, dan buku.

Siswa dapat memilih lebih dari satu barang.


Pembelajaran 4 (Bi, PKn,Mat,)

PKn

Indonesia terkenal dengan berbagai macam suku bangsa ada suku Jawa, Sunda, Batak, Dayak dan suku Bali

LENI

SUKU DAYAK / KALIMANTAN

BENI

SUKU BATAK/ SUMATERA UTARA

DAYU

SUKU BALI/ BALI

SITI

SUKU JAWA/ JAWA

EDO

PAPUA

 

Naskah Sumpah Pemuda

Kami putera dan puteri Indonesia 

mengaku bertumpah darah yang satu, 

tanah air Indonesia.

Kami putera dan puteri Indonesia 

mengaku berbangsa yang satu, 

bangsa Indonesia.

Kami putera dan puteri Indonesia 

menjunjung bahasa persatuan,  

bahasa Indonesia.

 

BI

 

Mengenal persamaan kata ( sinonim)

Yang dimaksut dengan sinonim adalah suatu kata yang memiliki pengertian yang sama atau mirip

Contoh sinonim:

Cantik = ayu                            Tanah air = tanah kelahiran

Binatang = fauna                     Sumpah = ikrar

Bohong = dusta                       Bersatu = berkelompok

Teman = sahabat                    Bangsa = masyarakat

Bertemu = berjumpa              Khidmat = khusyuk

Pakaian = baju

Ragu = bimbang

Melihat = memandang

 

Mat

Pecahan uang jika digabung memiliki jumlah yang sama


Contoh:

Siti membeli pensil warna seharga Rp4.000,00.= dua uang dua ribuan

 

Dayu membeli buku gambar seharga Rp3.000,00. = satu uang dua ribuan, satu uang seribuan

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN MATERI TEMA 3 SUBTEMA 1 PB 1-2

Nulis Teks Laporan Prasaja

MATERI JOB AND OCCUPATION (PEKERJAAN DAN PROFESI)