RANGKUMAN TEMA 2 SUBTEMA 3 PB 3 & 4

 

RANGKUMAN MATERI KLS.2 TEMA 3

Bermain Di Lingkungan Sekolah

SUBTEMA 3 PEMBALAJARAN 3 DAN 4

Pembelajaran 3 (Bi, Mat,SBdP)

BI

Lomba Tenis Meja Cilik

Lomba tenis meja cilik kembali digelar. Lomba dilakukan antarkelas dua SD se-kecamatan.Beni mewakili sekolahnya. Lomba dilaksanakan di sekolah Beni. Ia mendapatkan dukungan dari teman dan gurunya. Beberapa teman Beni seperti Udin, Edo, Lani, Siti, Dayu, dan Mey memberikan dukungan kepada Beni dari tribun. Teman Beni didampingi oleh guru kelasnya.Beni menangkis serangan dari lawan mainnya. Bola pingpong hampir saja mendarat di bet Beni. Sementara ini, lawan mainnya sedang bersiap-siap menangkis balik serangan dari Beni. Ketika Beni melepaskan serangan balik, langsung ditangkis balik oleh lawannya dengan gagah. Namun, bola pingpong menyangkut di net. Poin untuk Beni, ia menang.

Dalam bacaan ada kata – kata yang belum dipahami antara lain:

1.      Digelar maknanya dilaksanakan atau diadakan

2.      Tribun maknanya tempat duduk para penonton

3.      Bet maknanya alat yang digunakan untuk memukul bola pada permainan bola tenis meja.

4.      Net maknanya sebagai pembatas permainan untuk melakukan Gerakan antara daerah lawan dan daerah milik kita.

5.      Poin maknanya angka atau skor

Matematika

Pembagian atau pengurangan berulang contohnya:

25 : 5  =  (25 − 5 − 5 − 5 − 5 − 5  = 0)

            =  5

28 : 4  =  (28 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 = 0)

            =  7

SBdP

Gambar dibawah ini termasuk karya dua dimensi karena ada panjang dan lebarnya saja.Karya tiga dimensi itu ada panjang, lebar dan tinggi contohnya mobil yang terbuat dari plastisin atau tanah liat, bisa sabun batangan dibentuk mobil.

 

Pembelajaran 4 (Bi, Mat,SBdP)

BI

Kalimat tanya diawali dengan kata apa, siapa, bagaimana, mengapa dan lain – lain.

Kalimat tanya diakhiri tanda tanya (?)

Contoh kalimat tanya yang sesuai dengan gambar dibawah ini:

Siapa yang mengikuti permainan itu?

 

 

Kelompok benda yang berdasarkan wujudnya: benda padat terdiri dari buku, pensil, penghapus dan lain- lain. Benda cair, terdiri dari air,sirup,minyak goreng dan lain lain. Benda gas terdiri balon, ban sepeda dan lain lain.

Matematika

Mengubah pembagian menjadi perkalian

Contoh:

8 : 2   =  4 karena   4 ×  2  = 8

10 : 2   = 5  karena  5 ×  2  = 10

SBdP

Langkah – Langkah menggambar imajinatif adalah:

1.      Menentukan gambar apa yang akan dibuat

2.      Mencari ide tentang tema yang telah ditentukan

3.      Mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam menggambar imajinatif

4.      Membuat sketsa gambar imajinatif menggunakan pensil

5.      Mewarnai sketa gambar yang telah dibuat

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN MATERI TEMA 3 SUBTEMA 1 PB 1-2

MATERI JOB AND OCCUPATION (PEKERJAAN DAN PROFESI)

MATERI BAHASA INGGRIS THINGS IN MY HOUSE