RANGKUMAN TEMA 2 SUBTEMA 3 PB 3 & 4
RANGKUMAN MATERI KLS.2
TEMA 3
Bermain Di Lingkungan
Sekolah
SUBTEMA 3 PEMBALAJARAN 3
DAN 4
Pembelajaran 3 (Bi, Mat,SBdP)
BI
Lomba
Tenis Meja Cilik
Lomba
tenis meja cilik kembali digelar.
Lomba dilakukan antarkelas dua SD se-kecamatan.Beni mewakili sekolahnya. Lomba
dilaksanakan di sekolah Beni. Ia mendapatkan dukungan dari teman dan gurunya.
Beberapa teman Beni seperti Udin, Edo, Lani, Siti, Dayu, dan Mey memberikan
dukungan kepada Beni dari tribun.
Teman Beni didampingi oleh guru kelasnya.Beni menangkis serangan dari lawan
mainnya. Bola pingpong hampir saja mendarat di bet
Beni. Sementara ini, lawan mainnya sedang bersiap-siap menangkis balik serangan
dari Beni. Ketika Beni melepaskan serangan balik, langsung ditangkis balik oleh
lawannya dengan gagah. Namun, bola pingpong menyangkut di net. Poin
untuk Beni, ia menang.
Dalam
bacaan ada kata – kata yang belum dipahami antara lain:
1. Digelar maknanya dilaksanakan
atau diadakan
2. Tribun maknanya tempat
duduk para penonton
3. Bet maknanya alat yang
digunakan untuk memukul bola pada permainan bola tenis meja.
4. Net maknanya sebagai
pembatas permainan untuk melakukan Gerakan antara daerah lawan dan daerah milik
kita.
5. Poin maknanya angka atau
skor
Matematika
Pembagian
atau pengurangan berulang contohnya:
25
: 5 =
(25 − 5 − 5 − 5 − 5 − 5 = 0)
=
5
28
: 4 =
(28 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 = 0)
=
7
SBdP
Gambar dibawah ini
termasuk karya dua dimensi karena ada panjang dan lebarnya saja.Karya tiga
dimensi itu ada panjang, lebar dan tinggi contohnya mobil yang terbuat dari
plastisin atau tanah liat, bisa sabun batangan dibentuk mobil.
Pembelajaran 4 (Bi, Mat,SBdP)
BI
Kalimat
tanya diawali dengan kata apa, siapa, bagaimana, mengapa dan lain – lain.
Kalimat
tanya diakhiri tanda tanya (?)
Contoh
kalimat tanya yang sesuai dengan gambar dibawah ini:
Siapa
yang mengikuti permainan itu?
Kelompok
benda yang berdasarkan wujudnya: benda padat terdiri dari buku, pensil, penghapus
dan lain- lain. Benda cair, terdiri dari air,sirup,minyak goreng dan lain lain.
Benda gas terdiri balon, ban sepeda dan lain lain.
Matematika
Mengubah
pembagian menjadi perkalian
Contoh:
8
: 2 = 4 karena
4 × 2 = 8
10
: 2 = 5
karena 5 × 2 = 10
SBdP
Langkah
– Langkah menggambar imajinatif adalah:
1. Menentukan gambar apa yang
akan dibuat
2. Mencari ide tentang tema
yang telah ditentukan
3. Mempersiapkan alat dan
bahan yang dibutuhkan dalam menggambar imajinatif
4. Membuat sketsa gambar
imajinatif menggunakan pensil
5. Mewarnai sketa gambar yang
telah dibuat
Komentar
Posting Komentar